adsense

Editor CHeT-ku

“ Mba nanti akan dihubungi oleh editor Mba Tia.”

 

Kalimat itu yang saya terima ketika mulai mempersiapkan naskah CHeT. Saat itu saya gak ada gambaran seperti apa nanti hubungan dengan sang editor.

Kalo cari di google, definisi  editing adalah seperti ini :

Editing adalah proses memilih dan menyiapkan tertulis, visual, terdengar dan film yang media yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Proses editing dapat melibatkan koreksi, kondensasi, organisasi, dan banyak modifikasi lainnya yang dilakukan dengan maksud menghasilkan sebuah karya yang benar, konsisten, akurat dan lengkap.

Orang yang melakukan editing adalah editor.

 

Naskah sudah masuk ke penerbit 12 Maret 2015. Kami mulai intens ber email sejak Mei 2015. Sejak saat itu dengan mba Tia inilah saya tek-tok soal CheT. Pertama dia puyeng dengan bahasa trading dan teknikal analisis.

Kalo buat kita yang biasa di dunia ini, denger kata support , resistance, cutloss, chart, MACD, death cross dll sih biasa. Tapi ngga buat mba Tia. Heheheh dia puyeng..  Jika dia sebagai orang awam puyeng, berarti saya harus memberikan penjelasan di buku. Agar pembaca buku yang awam pun bisa mengerti dan gak puyeng seperti mba Tia J

Setelah naskah selesai di edit, naskah dikirim kepada saya untuk di cek. Setelah itu kirim kembali ke mba Tia. Setelah di revisi, kirim balik ke saya. Jadi bolak balik krim kiriman naskah.

Mba Tia juga yang nemenin waktu foto cover. Juga waktu meeting buat launching. Setelah buku jadi. Saya tau urusan editing juga selesai, cuma saya tetep suka hubungi mba Tia karena ngga ngerti soal ini itu yang berkaitan dengan penerbitan dan launching buku. Maklum saya ini penulis newbie. Dunia baru euy… masih meraba-raba dan banyak bertanya. Kata pepatah ‘malu bertanya sesat di jalan’. Jadi saya tanya –tanayin terus mba Tia nya hehehehehe….

Buat saya editor itu teman perjalanan  si penulis. Berjalan bareng di belakang proses penulisan buku. Gandengan tangan , kerja sama agar buku enak dibaca.

 

Nah satu lagi… yang membuat buku Chet enak dilihat adalah mas Rasyid.

Dia yang mendesain cover dan layout dalamnya.  Dia pula yang foto saya buat cover buku. Emak-emak ini suka mati gaya kalo di depan kamera. Dan nyawa foto belum bangun pas di jepret kamera. Tapi mas Rasyid punya tips manjur agar saya bisa ketawa lepas di depan kamera.

 

Wah pokoknya asik banget deh. Pengalaman pertama nan seru buat buku ini.

Jadi , inilah 2 orang yang berjasa membuat buku CHeT jadi eye catching dan super merah.

 

Terima kasih ya Mba Tia dan Mas Rasyid J J

 

Add comment

Security code
Refresh

Free joomla templates by www.joomlashine.com