adsense

Cutari 1st Birthday

 "ting tong..." new bbm message... oww...bbm dari @aliaindardi yang isinya menyatakan konfirmasi untuk kedatangannya di gathering Cutari. oooh wowww begitu kesan saya pertama kali.. saya sangat happy dan boleh bisa dibilang i'm flattered... bisa diundang hadir di acara itu, since saya tau itu kan acara close grup only Cutari member... eh namun tenyata itu bbm bukan buat saya, itu buat Ling - member Cutari. Memang nama bbm saya Linda - link... Ling nama panggilan saya di rumah & biasa temen2 yang dah deket manggil saya link.. terserah sih mau manggil linda atau link, arti namanya sama aja  koq.. loh jd ngelantur bahas nama sih.. :D tapi anyway justru kesamaan nama ini yang ujungnya membawa luck buat saya.... pada akhirnya saya boleh join gathering Cutari... wooohoooo..... bbm nyasar yang membawa berkah …

 

Sabtu 15 September 2012 ngumpulah kita di Bumbu desa , Kelapa Gading.. saya selalu semangat ketemu temen2 baru apalagi trader.. ibarat panci ketemu tutupnya..  

Cutari kepanjangan CUan TiAp haRI ( sebelumnya saya pikir ada kaitannya dengan artis Cutari itu :D) dibentuk setahun lalu waktu mereka selesai mengikuti training TIMC dari Santo Vibby. Dengan tujuan untuk belajar bersama dan saling mengasah ilmu yang sudah didapet dari training tersebut, Pak Leander berinisiatif untuk ngumpulin pin bb para peserta untuk kemudian dibentuk grup di bb. Member Cutari yaitu Pak Leander, Budi, Azhar ( terkenal dengan sebutan Celebrtiy Cutari bareng sama Sweety ), Guntur, Donny, Madeline, Kartika, Riri dan Sweety ( khusus datang dari Semarang dan Palembang untuk ikut gathering ini), Ifiyanti  (bu Lurahnya Cutari), Jimmy, Robbie, Ivan, Alia (yang mengatur ultah Cutari dan trader gathering dan menjadi berkah buat trader lain), Niko, Laurence dan Irna. Beberapa member Cutari yang berhalangan hadir hari itu Hani, Maureen, Lina, Henry, Brian, Yolanda dan Lidwina (Ling). Juga ada beberapa yang hadir disitu yang bukan member Cutari, Saya & Alex dari KCM  juga Dea temannya Alia.

Acara dimulai dengan Coach Cutari yaitu @ariasantoso share tentang trading jadi simple jika kita sudah reflex, karena hal itu sudah menjadi subconscious. Kemudian sharing dilanjutkan oleh mistery guest yaitu @Rtrade (Reinaldo Ismanto). Beliau adalah trader senior yang memulai perjalanan di dunia investasi sejak tahun 1995  dengan membuka account di market US dimana pada saat itu pak R mengambil kuliah disana. Pak R cerita baru pada tahun 2000 dia melirik TA setelah 90% dari dananya habis. Kemudian 2001 – 2003 market bullish dan dia mengikuti saran Peter Lynch dalam berinvestasi. Tahun 2004-2005 pak R mulai mengikuti seminar dan excited gambar2 chart. Dia bilang kalo saat itu dia ada dalam Fase kids- bagian fase hidup seorang trader. Tahun 2006 mulai di Forex. Disitu beliau mulai bisa melihat segala sesuatunya lebih luas, memahami dan memantau ekonomi dunia. Yang saya pelajari dari sini bahwa untuk menjadi seorang trader yang berhasil tidak dihasilkan dalam sekejap semudah membalikkan telapak tangan. It takes years of study. It takes lots of efforts.

Kemudian pak R menjelaskan market phsycology dari perubahan harga. Proses terbentuknya harga, penurunan dan peningkatan harga yang psikologinya dapat dilihat dari sebuah candle stick. Penjelasan dasar yang membuat kita semakin mengerti dan memahami mekanisme yang terjadi di market.

Pak R kemudian menjelaskan tentang type2 trader berdasarkan kepribadiannya. Itu dapat diketahui dengan mengisi kuis dari Van Tharp. Hasilnya dapat membantu trader untuk mengetahui dimana titik kelebihan dan kekurangannya dalam melakukan aktivitas trading.

13 type trader personality. which one is yours? try this test à    http://www.tharptradertest.com/default.aspx?question=1.

Selanjutnya coach Aria memberikan penjelasan mengenai obligasi dan menjawab pertanyaan dari peserta trader gathering sebelumnya yaitu relasi interest rate dengan stock market.

Acara selanjutnya lunch kemudian disambung acara tiup lilin dan potong kue “Happy 1st Birthday Cutari”  perjalanan trading Cutari sudah dimulai dan setahun sudah mereka belajar bareng.. Saya seneng banget ngeliatnya.. membernya kompak dan rame.. :)

Tadaaa…..  ternyata ada surprise selanjutnya untuk Cutari… ada celeb saham yang datang yaitu masbro @kokolato…  So session selanjutnya diisi sharing dari @kokolato . Dia jelasin tentang gap down trading dan ngenalin AFL One Night Stand. Yang aturan mainnya yaitu beli pas closing dan jual besok pas opening. Namun ada beberapa aturan dasar dalam memakai AFL ini, so ga bisa asal screen ya... Abis itu dia juga share tentang tips trading saham ipo. Lalu dia juga kasi tau saham-saham apa aja yang sedang dia akumulasi & saham yang dijadiin one day trade nya. Menurutnya kategori saham untuk porto isinya saham swing, saham strading, saham ODT dan saham akumulasi.. Hampir peserta antusias bertanya sama masbro tentang saham yang sedang happening saat ini.. Seru…

Selanjutnya pak R jawab pertanyaan tentang sector apa yang nanti bakalan happening di tahun 2013 disambung sama Aria yang mengajak para trader untuk mulai invest di perusahaan2 bagus Indonesia. Invest dengan jangka waktu yang lebih panjang sehingga perusahaan bagus di Indo bukan mayoritas dimiliki oleh asing namun dimilki oleh anak bangsa. Aria juga share soal target trader selanjutnya yaitu learning process. Trader harus menemukan trading strategy nya yang paling nyaman untuk dirinya. Knowledge only knowledge without practice. Knowledge become skill by practice.


Saat itu waktu sudah  menunjukkan jam 5 sore…Walau hati ini pengeeeen ikut sampai acara selesai namun apa daya saya harus segera ijin untuk pulang lebih dulu karena anak saya udah nungguin di depan Resto daritadi… Dengan berat hati saya mengucapkan salam perpisahan dengan Aria, pak R dan para member Cutari.

 

It's very nice to meet you all....I’m honored to be there.. Happy 1st Birthday Cutari… :)

Comments  

 
+1 #2 Jaka Sembung.... 2012-09-18 02:11
Mantap dan luar biasa
Heeeeeeeee..... ....
Quote
 
 
+1 #1 hendrik_lwww 2012-09-18 02:02
hahaha, kirain cutari beneran :D
Quote
 

Add comment

Security code
Refresh

Free joomla templates by www.joomlashine.com