adsense

Berbagi

Arti berbagi menurut Wikipedia adalah memberi atau menerima sesuatu dari barang, cerita, kisah, uang, makanan, dan segala hal yang penting bagi hidup kita. Berbagi juga bisa kepada Tuhan, sesama, alam, dan setiap hal di bumi ini.

Berbagi atau sharing adalah memberikan milik kita kepada orang lain. Memberikan apa yang kita punya, membagi apa yang menjadi hak kita, membagi hidup kita kepada orang lain. 

 

Kalau kita aja masih kurang bagaimana bisa berbagi ? 

Ya memang berbagi sepaket dengan berkorban. Porsi milik kita memang jadi lebih sedikit. Hak kita jadi berkurang karena kita harus membaginya dengan orang lain. Namun itulah intinya dari berbagi yaitu berkorban untuk orang lain. Menaruh kepentingan orang lain diatas kepentingan diri sendiri. Diatas hak pribadi. Jadi bukan bisa atau tidak, tapi mau atau tidak berbagi.

 

Milikku jadi berkurang, bagaimana aku bisa bahagia dengan hal itu ?

Pernahkah kamu kelaparan ? Perutmu lapar, hatimu lapar, dompetmu lapar. Hatimu sedang gundah gulana dan butuh sekali seseorang untuk memahami kamu, mendengar ceritamu dan menerima kamu apa adanya ? Butuh sekali tempat berkeluh kesah, butuh pundak untuk bersandar, butuh pelukan yang berkata kalau semua akan terlewati, semua akan menjadi lebih baik, semua akan baik-baik saja.

 

 

Pernahkah kamu berbagi ? Berbagi milikmu yang berharga? Berbagi makanan kesukaanmu kepada teman yang kelaparan, makan sebungkus berdua dengannya. Berbagi waktumu yang mepet untuk duduk ngobrol mendengarkan curahan hatinya. Berbagi tempat perlindunganmu ketika temanmu kehilangan itu. Berbagi uangmu ketika dompetmu sendiri sedang tipis. Berbagi pundakmu yang penat ketika temanmu lelah.

Pernahkah kamu? Cobalah…

 

 

Hatimu akan menjadi hangat sekalipun kehilangan sebagian milikmu. Hatimu akan meledak dengan kembang api sukacita ketika membagi lembar yang ada di dompetmu. Hatimu akan tenang teduh dan berkata bahwa semua akan baik-baik saja untukmu. Aneh kan? Bagaimana bisa ? Namun begitu adanya. Karena itulah hukum berbagi. Hukum yang terus berputar di dunia ini. Membagikan satu kebaikan kepada orang lain. Meneruskan kebaikan yang diterima dari orang lain. Menerima kebaikan disaat kita memerlukan.

 

 

Membagi makanan, memberi tumpangan, memberi waktu, membagi ilmu, membagi semangat, membagi rumah, memberi pelukan, memberi support, memberi cinta.. Menerima waktu, ilmu, semangat, pelukan, support dan cinta di saat kamu sangat membutuhkannya suatu saat nanti.

 

Free joomla templates by www.joomlashine.com