adsense

Fibonacci Runners

Pertama kali saya dengar lari ratusan kilometer…  bayangin emoji mulut nganga jatuh ke lantai. Nah kira-kira begitulah reaksi saya… Seriously? Ratusan kilometer…. Kalau aja si kaki bisa ngomong kira-kira dia bakalan teriak ampuuun kali yah…

Namun setelah mengamati ternyata banyaaak sekali pelari-pelari yang larinya ratusan kilometer baik di Indonesia maupun diluar sana. Dan ternyata mereka mampu menyelesaikan dan masih tetap hidup sehat walafiat. Ternyata..sekali lagi ternyata kita gak pernah tau resisten tubuh, kapasitas tubuh manusia.

Sebagai pencinta Fibonacci, saya coba mengukur resisten lari tubuh manusia dengan Fibonacci. Fibonacci adalah deret angka ajaib yang tersebar di alam semesta pun di tubuh pelari. Lihatlah proposionalnya asset para pelari yaitu kaki, tercipta sempurna dalam ratio Fibonacci, the finger print of God. Karena itu mari kita ukur resisten lari kaki pelari.

 

Jarak race terjauh pada umumnya adalah marathon, yaitu 42KM. Pada kolom pertama maka saya mengukur jarak minimal 0Km dengan jarak maksimal marathon.

Resisten pelari pertama adalah 10K. Jarak race saat ini pada umumnya 5K dan 10K.

Resisten berikut adalah 16K. Waktu ikut Danamon Run 2019 pilihan jarak lari setelah 10K adalah 15K.

Resisten selanjutnya adalah 21K yang adalah kategori Half Marathon (HM).

Setelah itu 32K. Barulah sampai kepada Marathon.

Mungkin resisten dapat dijadikan acuan latihan bila ingin mencoba marathon.

 

Sekarang lanjut kepada kolom kedua. Diatas Marathon , 42K - 110K didapatlah angka resisten tertinggi 220K. Terdekat ada race West Coast 250K, nah jarak itu ada di kolom ketiga. Bila ingin sampai ke kolom ketiga coba lalui dulu resisten demi resisten di kolom pertama dan kedua. Kolom ketiga adalah 2 kali cycle jarak Marathon.  

 

Saya bukanlah di kategori ratusan itu, masih kategori kolom pertama yang lari 10K pacenya aja masih berantakan. Jadi saya coba mengukur lebih detail resisten lari saya.

 

Area kuning adalah area latihan berlari sehari-hari. Minimal 5K dan kalau lagi cape minimal sehari 8K. Target resisten harian 10K.

Resisten lari setelah 10K adalah 15K , 16K dan 21K.

Kira-kira begitulah ukuran lari si Fibonacci Runners ini. One step at a time.

 

“When we are enthusiastic, we develop a determination to equal the endurance of our muscles, a fortitude to match the courage of our hearts, and a passion to join with the animal strengths of our bodies. - Geoorge Seehan.”

Free joomla templates by www.joomlashine.com