adsense

Proses Turning point

Elang adalah jenis unggas di dunia ini yang paling panjang umurnya. Elang bisa mencapai 70 tahun untuk satu masa siklus hidupnya.

Jika elang tersebut ingin hidup panjang umur, sewaktu dia mencapai umur 40 tahun, dia harus membuat suatu keputusan penting yang sulit.

Ketika seekor elang hidup hingga mencapai umur 40 tahun, cakarnya sudah mulai menua, sudah tidak bisa lagi menangkap mangsanya dengan efektif. Paruhnya berubah menjadi panjang dan melengkung, yang hampir-hampir menyentuh di atas dadanya. Kedua sayapnya juga berubah menjadi sangat berat, karena bulunya tumbuh semakin panjang tebal dan lebat, yang membuat dia menjadi berat mengepakkan sayap untuk terbang.

Saat ini dia hanya punya dua pilihan: menunggu ajal tiba, atau menjalani proses menjadi muda kembali yang sangat menderita.

“Pertapaan” panjang selama 150 hari. Elang itu harus berusaha mendaki ke puncak gunung, di atas tebing yang curam dia membangun sarangnya, dan berdiam di sana tidak boleh terbang.

Pertama elang itu harus mematukkan paruhnya ke atas batu karang, hingga paruh itu sama sekali terlepas dari mulutnya. Dia kemudian berdiam diri menunggu pertumbuhan paruh yang baru.

Setelah paruh barunya tumbuh, dia akan menggunakan paruh itu untuk mencabut kuku-kukunya satu persatu. Setelah kuku-kuku barunya tumbuh, dia lalu mencabut bulunya satu demi satu.

Lima bulan kemudian, setelah bulu barunya tumbuh sempurna. Elang itu mulai terbang kembali. Kehidupan baru ini akan membuat elang itu melanjukan kehidupannya selama 30 tahun lagi!

Dalam kehidupan, kadang kita juga harus melakukan suatu keputusan yang BESAR untuk memulai sesuatu proses PEMBARUAN.  Berani  membuang kebiasaan2 lama yang mengikat, meskipun itu adalah sesuatu yang menyenangkan dan melenakan.
Hanya bila kita bersedia melepaskan beban lama, membuka diri untuk belajar hal2 baru, kita mempunyai kesempatan untuk mengembangkan kemampuan kita yang terpendam, mengasah keahlian kita sepenuhnya dan menatap masa depan dengan penuh keyakinan !
Tantangan terbesar untuk berubah ada di dalam diri sendiri dan kitalah sang penguasa atas diri kita sendiri.

(unknown)


Sebagai seorang trader.. semua pasti pernah melalui proses.. Yang namanya proses pasti gak enak, seperti elang ketika berumur 40 tahun. Proses yang pasti dialami trader adalah merasakan kerugian. Reaksi trader akan hal itu menentukan langkah atau masa depan trader selanjutnya. Respon yang benar membawa pada kemenangan.  Lalu apa dong yang harus dilakukan trader selanjutnya?

Berikut cuplikan dari buku yang lagi saya baca yang menurut saya bener banget..


Tempat yang seharusnya mereka datangi demi menghadirkan perubahan justru menjadi tempat terakhir yang mereka ketahui - tempat itu ada di dalam diri mereka sendiri. Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan para pendatang baru adalah sikap tidak sabar. Mereka tidak memilki cukup waktu untuk menguasai salah satu instrumen dalam satu tehnik sebelum akhirnya berhenti menggunakan instrumen tersebut. Disamping ketidaksabaran, kesalahan lain yang tampak nyata adalah kurangnya komitmen. Perdagangan rugi yang mereka lakukan jelas mempertontonkan kurangnya pengetahuan atau kesadaran mengenai pasar tempat mereka bermain.

Ketimbang menerima dan belajar dari kesalahan mereka, sebagian besar pendatang baru mencari alasan untuk menjadi kambing hitam penderitaan mereka. Para pecundang ini tidak akan sudi menerima tudingan atau bertanggung jawab sendiri karena merasa bahwa mereka telah memulai peruntungannya dengan serangkaian kemenangan. Jadi, sulit diapahami bahwa rentetan kekalahan yang terjadi saat ini adalah akibat buruknya kinerja mereka.

Kurva pembelajaran bisa menjadi sesuatu yang menyakitkan namun ini tidak selalu berlaku apabila sang pemain telah memperoleh pendidikan dan pelatihan memadai dengan metode yang tepat. yang lebih penting adalah bagaimana menghormati pasar. Pasar terdiri atas para pedagang yang jauh lebih berpengalaman dan rumit. Ingat, mereka jauh lebih lama berada disana daripada anda.

Jangan pernah membuat kesalahan dengan berpikir bahwa pasar sama mudahnya seperti kelihatannya.


Jadi saya mengambil kesimpulan untuk bisa melewati proses, trader perlu memiliki komitmen, disiplin, ketahanan mental, latihan dan praktek..


Salam Belajar..

"I do my best, God do the rest"

Add comment

Security code
Refresh

Free joomla templates by www.joomlashine.com