adsense

Mini gathering launching

Hai teman2.. 
Saya berencana mengadakan mini gathering untuk launching buku CHeT

 

Tanggal 22 Agustus 2015
jam 14.00 - 16.00 
di Gramedia Central Park, Jakarta Barat.


Dengan biaya yang ringan, tentu akan bermanfaat untuk mengenal buku ini lebih jauh.

Jika teman-teman berkenan untuk hadir disana, mohon berikan komentar untuk saya hitung berapa tempat yang perlu saya persiapkan..

 

Sampai jumpa di Gramedia Central Park..

EMAK EMAK BELAJAR

“Demen-demen tai ayam” begitu jawab heny. Waktu saya tanya, ibu-ibu disini suka belajar ga?

 

Pagi ini emak-emak ditraktir makan sama Yuli. Dia ulang tahun hari ini.

Sembari nunggu yang punya hajat datang, saya buka laptop. Biasa… ritual tiap pagi sebelum market buka.

“Kemaren waktu kita ngobrol di QQ. Antrian gue beli TLKM kena mak.”

Yenny yang duduk di sebelah saya kemarin ngeliat order buy yang saya masukkin. Dia liat saya antri berjejer.

Antrian kena yang mana? Tanya si Yenny.

“Yang paling atas. Abis gitu gue langsung pasang jual mak.. dan sudah terjual siangnya.”

“ Cukup lah mak buat jajan di QQ tadi. “

 

Ujung-ujungnya mereka mau nitip duit sama saya buat di kelola. Hmmmmm….

“ emak-emak belajar trading aja. gue ajarin deh… “ begitu jawab saya.

Emak-emak masih maksa mau titip duit. Dan saya tetep bilang supaya emak-emak yang trading sendiri.

Saya ajarin. Emak-emak pasti bisa kok..

Trading gak seserem yang di bayangkan. Mungkin mereka udah mumet ngeliat grafik yang saya pandangin…

Saya bilang, pasti bisa trading. Asal kita mau belajar. Emak-emak suka belajar kan?

 

Kita sebagai emak-emak pasti kepengen anak-anak kita rajin belajar agar bisa berhasil di masa depan.

Kalo kita menuntut anak kita sendiri untuk belajar.

Masa kita sendiri gak mau untuk belajar ?

Iya apa iya moms… ?

 

Oke akhirnya saya puter laptop saya menghadap emak-emak semua. Supaya mereka bisa melihat grafik saham.

Coba sekarang, emak-emak jawab pertanyaan saya.

 

Kalau lihat grafik ini. Ini saham cenderung naik apa turun ?

 “ naik… “

Saya Kasi liat lagi saham yang lain… kalo yang ini turun apa naik ?

“ turun…”

Nah kalo yang ini ?

“ stabil… “ kata si yenny..

 

Betul emak-emak.. Di saham ada 3 trend gerakan saham.

1.       Trend naik ( up trend )

2.       Trend turun ( downtrend )

3.       Stabil / trendless ( sideways )

 

Tuuu bisa kan….

Emak-emak dengan kasat mata saja sudah bisa membaca arah trend.

Tanpa alat bantu apa-apa.

Dengan kasat mata sudah bisa membuat analisa sederhana.

 

Membaca trend adalah 1 hal penting.

Trading lebih nyaman jika didukung trend.

Karena market Indonesia hanya bisa 1 arah, yaitu hanya bisa membuka posisi buy.  

Beli di satu harga dan kemudian menjualnya lagi di harga yang lebih tinggi.

Maka tradinglah di saham yang up trend. Atau trend naik.

 

Lalu saya ambil tissue. Alat sederhana saja bisa digunakan untuk menganalisa.

Saya ingin menunjukkan garis trend line.

Ketika kita ingin membuat garis. Kita akan membutuhkan setidaknya 2 titik.

Ingat kan moms.. sewaktu anak kita di toddler.

Kita mengajar anak-anak tracing.

Anak-anak menyambungkan titik titik, kemudian jadilah sebuah garis.

Sama ceritanya ketika kini ingin membuat trend line ( garis trend ).

Garis yang menopang trend yang sedang terjadi.

Dengan sehelai tissue saya menunjukkan trend line pada suatu saham.

Saya meminta Yenny untuk menunjukkan 2 titik yang dipilih untuk menarik sebuah garis.

 

Lihatlah ketika harga bergerak memotong ke bawah trend line, harga cenderung turun.

 

Begitu pula halnya ketika saya menunjukkan chart ELSA

Ketika harga naik keatas trend line, harga cenderung naik.

 

Hehehehe pintar kan emak-emak ini… sudah punya 2 modal dalam menganalisa saham.

 

Oke selanjutnya saya memperkenalkan yang namanya garis MA. Atau Moving Average.

Apa itu MA ? Moving Average adalah nilai rata-rata saham dalam satu kurun waktu tertentu.

 

“Gini Hen… ceritanya elu mau beli wortel di pasar mandiri.

Harga wortel hari Senin 100. Selasa 150. Rabu 200. Kamis 250. Jumat 300.

Harga rata-rata wortel 5 hari adalah 100 + 150 + 200 + 250 + 300 = 1000.

Harga rata-rata 1000/5 = 200.

Pada hari jumat harga wortel 300.

Sedangkan harga rata-rata selama 5 hari adalah 200.

Jadi secara langsung elu tau kalau harga wortel lagi naik nih.

Wortel lagi nge trend. Kenapa harga wortel naik.

Mungkin aja karena persediaan wortel lagi terbatas, jadi harganya naik.”

 

Kalau harga wortel itu diwujudkan dalam chart, maka garis MA 5 hari berada di level 200.

Cara menafsirkan garis MA di saham juga sama seperti itu.

 

Ketika harga naik ke atas MA, buy. Ketika harga menabrak ke bawah MA, 

 

 

Sebelum jasmani emak-emak hari ini ditraktir makan.

Otak emak-emak juga sudah diberi makanan baru.

Emak-emak sudah dikenalin 3 skill buat trading saham sendiri.

 

Saya percaya emak-emak pasti bisa. Emak-emak pasti bisa belajar. Bisa trading.

 

Dimana ada kemauan, disitu ada jalan.

 

Yuk ah, kita makan-makan dulu.. parteeehhh….

 

Selamat datang ( kembali) otak kanan

 

 

 

 

ternyata segala sesuatu itu perlu keseimbangan, 
bukan hanya yin yang , 
bukan hanya keseimbangan berdiri di dalam yoga, 
bukan hanya input dan output makanan, 
namun ternyataa.....


saya baru tau kalo otak pun perlu keseimbangan...
keseimbangan bagi tugas dan peran 
keseimbangan juga dalam ke-eksis-an nya..


selama ini otak kiri saya yang lebih sering eksis.. 
dan si kanan duduk diam manis di sana sambil memandang si kiri eksis...

 

hari ini.. pak Bagus Lutfi Sujiwo menyeret si kanan untuk keluar dan tampil di panggung...
karena si kanan jarang tampil dan kebanyakan duduk di pojokan, 
dia agak-agak gak pede,,, 
gemeter dan keringet dingin...

 

tapi sudah kepalang kejebur... ayo kanan.. semangaattt... !

 

saat ini... si kanan sudah mulai bisa senyum.. 
dan mulai menikmati panggungnya...
si kanan mulai membuka keran air bah kata mengalir ke jari-jari saya...

 

Semua perlu keseimbangan..


Si kanan telah muncul kembali... smile emoticon

Antrian sepatu heboh

 

“ Dapet antrian nomor berapa ? “

“ Gue nomor 160. Gue antri dari pagi…”

Aih…

“ Itu temennya dia dari jam 5 pagi sudah antri. Dapet nomor 48 “

 

Waktu saya lagi foto kerumunan ibu-ibu antri di depan pintu mal. Eh ketemu  temen yang lagi bejubel antri.

“ Dapet nomor berapa ? “

“ Gue dapet nomor 78 “

“ Wuih kereennn.. antri dari jam berapa Mer ? “

“ Temen gue yang antri. Dari jam 5.15 “

Alamakk…

“ Eh yang nomor 1 itu antri dari jam 3 pagi .”

 

Whaatttttt……..

Berarti dari jam 3 sampai jam 5 sudah ada 40 nama yang antri….

 

Emak-emak ini lagi antri sepatu. Sepatu yang lagi trend dari online shop.

Kirain antri cuma di dokter aja. Sekarang sepatu pake antri…

 

Wuizzz keren. Bisnis yang keren…

Apa special nya sepatu itu?

Sepatu itu ada jepitnya.. jepitnya ditempel di sepatu dan bisa di ganti-ganti. Jepitnya lucu-lucu..

Aihhh saya baru tau, kalo jepitan sudah turun ke kaki. Selama ini saya pikir jepitan cuma ada di kepala… ckckck jepitan sudah ekspansi ke kaki…

 

 

Fenomenal pemandangan pagi ini buat saya. Ibu-ibu ngantri dari pagi di depan mall. Dari pagi. Sebelum mal buka.

Dan saya salut sama yang punya bisnis sepatu online ini.

Disitu saya merasa senang. Jempol buat yang punya bisnis ini.

 

Sembari ngobrol sama emak-emak di kopitiam yang letaknya pas di depan pintu mal.

Mari kita berhitung. Harga 1 sepatu sekitar 359.000 dan  clip nya sekitar 150.000 sampai 300.000,- an. Misalnya minimal ibu-ibu beli 1 sepatu dan beli 3 clip. Uang yang dikeluarkan 809.000 . Ini minimal. Kenyataanya, temen  beli sepatu 2 dan jepitannya 10 kemarin. Dan pagi ini dia sudah antri lagi dari pagi. Ada lagi yang beli 8 sampai 10 sepatu. Jadilah sang penjual membuat peraturan.

“Clip nya gak boleh beli lebih dari 3. Kalo sepatunya sih gak dibatesin boleh beli berapa aja. “

Coba hitung beli sepatu 2  buah dan clip nya 3 buah. Nah sudah spent berapa?

 Sekitar 1.618.000,-

Kalau sehari beli segini, berapakah yang di spent selama 3 hari ?

 

Daaann… pikiran saya pun melayang ke harga saham. Andaikan duitnya dibeliin saham.. dapet berapa lot ya ?

Jika uang 1 jutaan itu dibeli saham. Trus di trading, dalam beberapa hari kemudian sudah dapat return. Ya gak usah banyak-banyak. 2% saja cukup kali ya…

Saya ceritain nih sama emak-emak yang ada dsini.. coba deh mak.. kalau uang 3 juta budget buat belanja tas dan sepatu dibeliin saham TLKM. Kebetulan saya lagi mandangin saham TLKM.  Lumayan mak bisa dapet duit jajan buat ngopi.. itu uang bolak balik disuruh kerja. Uang 3 juta jadi modal buat  dagang sampingan…

Hahahahah…

Dan si yenny langsung nyeletuk, nah kalo gitu lu ajrin gua deh…

 

Heheheh susah deh kalo trading sudah mendarah daging. Kemanapun jadi ingetnya saham…

Dasar otak dagang J

 

 

 

 

 

 

Karet

 Manusia yang dinamis mengembangkan diri secara terus menerus.

Proses belajar tidak pernah berhenti.

Sambil berjalan untuk terus semakin baik, hati-hati ketika mendefinisikan diri sendiri.

Saya tuh orangnya memang begini.
Saya paling ga bisa di bagian ini, jadi ya mau diapain lagi.

Kalimat2 sejenis demikian hanya melemahkan diri sendiri karena menutup peluang untuk memperbaiki diri. Oleh karena itu harus menambahkan beberapa kata di belakang kalimat tersebut.

Saya tuh orangnya memang begini.. tapi saya mau berubah menjadi lebih baik.
Saya paling ga bisa di bagian ini, jadi ya mau diapain lagi.. kecuali saya mau belajar lebih jauh untuk semakin menguasai lebih baik lagi.

Perbaikan apa yang ingin anda lakukan sekarang?

 ( dari Facebook Aria Santoso 26 january 2015)


 

Pas baca tulisan ini kemarin…. #jleb duuu gue banget tuu..

Dulu ya waktu baru punya anak 1,Raffa. Di pikiran rasanya ga mungkin deh bisa nambah anak 1 lagi.

Ga mungkiin.. mana sanggup lah ngurusin 1 anak lagi. 1 aja udah rempong banget… Ga mungkin. Ga sanggup…

Sampe akhirnya pak Ayub Bansole seorang hamba Tuhan bilang gini waktu liat saya…

“Kamu itu sering bilang gak bisa, ga mampu, ga sanggup. Itu artinya kamu sedang membatasi Tuhan..”

#jleb…..

 

Gak lama setelah itu si  Raffa berdoa minta adik karena dia liat temen2nya pada punya adik..

Duh Raf.. adik itu ga bisa beli di mal.. itu harus minta sama Tuhan.. (secara dapet raffa aja susah banget, nunggu 3 tahun..) Habis itu apa yang terjadi…?

Jangan anggap remeh doa anak2… #Cring… saya hamil lagi…

 

Sekarang Daniel , adiknya Raffa sudah berumur 6 tahun. Ternyata saya bisa juga ya membesarkan 2 anak.

Ternyata semuanya dicukupkan, di mampukan…

 

Waktu kemarin baca tulisan Aria di FB, saya jadi inget apa yang saya alami dalam 2 tahun belakangan ini.

Ada beberapa hal yang datang ke hadapan saya, yang gak pernah saya pikirkan dan bayangkan.

Respon pertama adalah… apa saya bisa?

Bisa atau ngga bisa, pilihannya ada di tangan saya. Akhirnya saya pikir semua harus dicoba, kalau ngga pernah dicoba mana tau hasilnya.

Kalau gagal ya itu urusan belakangan, yang penting coba dulu.

Dari 1 hal yang saya putuskan untuk saya coba, berlanjut pada hal-hal lain…

dan setiap keputusan membutuhkan sebuah effort dari diri saya.

Saya harus berani keluar dari zona kenyamanan.

 

Ibarat nya karet yang ditarik. Mana tau kelenturan sebuah karet kalau dia tidak ditarik.

Kelenturan dan kesanggupannya merenggang diketahui pada saat ia ditarik.

 

Karet yang ditarik juga bicara soal upgrade kemampuan diri.

Kemampuan buat belajar hal baru, mencoba hal baru, kemampuan beradaptasi.

 

Saya jadi melihat hidup saya ini seperti karet di tangan pencipta saya,

Dia pasti tau kelenturan dan daya tahan saya.

Dia tau sampai seberapa panjang dia dapat menarik kapasitas diri saya.

Dan saya percaya Dia gak akan membiarkan saya putus karena ditarik.

 

 

Menjawab pertanyaan dari tulisan Aria..

Perbaikan apa yang ingin anda lakukan sekarang?

Saya mau terus meng up grade diri saya.

Berani memcoba hal baru.

Memperbaiki kekurangan.

 

 

 

Bagaimana dengan kamu?  Perbaikan apa yang ingin anda lakukan sekarang?

Page 4 of 7

Free joomla templates by www.joomlashine.com