adsense

Bahasa 'gaul' dunia trading

Kuy, sans, Hqq, Baper adalah Bahasa kids jaman now, Bahasa anak muda jaman sekarang. Buat anak muda pasti tau artinya… Begitu juga sama istilah bamer, baput… Buat ibu2 yang suka baca resep, lama kelamaan pasti tau apa yang dimaksud. Setiap komunitas pasti punya Bahasa saulnya sendiri2..

Sama juga seperti di dunia trading saham. Ada Bahasa gaulnya.. contohnya seperti ini :

 

BOW = Buy On Weakness.

Beli saat harga lagi melemah. Beli ketika harga sedang di harga terendahnya. Liat-liat aja dulu, jangan buru-buru napsu beli…

 

SOS = Sell On Strength

Jual ketika lagi kuat2nya. Jual ketika harga setrooong…

 

Wait and See

Liat-liat aja dulu.. Ibarat mau nyebrang, ya liat kiri kanan dulu.. Belum ambil action apa2..

 

Watchlist

Daftar pantauan. Isinya adalah daftar incaran saham yang pengen dibeli dan sudah dibeli. Yang pengen dibeli..lagi menunggu moment untuk membeli. Yang sudah dibeli, sedang mengamati dan mengawasi pergerakannya.

 

Buy Back

 

Membeli kembali. Setelah menjual saham, eh dilihat pergeraknnya masih ada potensi kenaikan.Jadi pengen membeli kembali saham tersebut. Ibarat pacaran, sudah putus, pengen balik lagi sama mantan.

 

Speculative Buy

Spekulasi beli. Kondisi ini waktu pergerakan harga ada di support tapi belum ada gejala dia bakal naik atau malah jebol ke bawah. Tapi udah pengen banget beli. Aksi beli tanpa menunggu  konfirmasi. Ibarat pacaran.. belum yakin pasti diterima tapi udah nembak duluan, untung2an , kali2 diterima kali2 ditolak. Chancenya 50:50.

 

Buy On Support

Beli di support. Aksi beli dilakukan ketika harga berada di area supportnya .Nah untuk itu trader harus paham mana yang dimaksud area support.

 

Buy On Breakout

Beli ketika harga menjebol resistennya. Aksi beli dilakakukan ketika harga berhasil melewati area resisten. Trader harus paham mana yang dimaksud area resisten.

 

Trading Plan

Rencana trading. Kalau di dunia travel disebut  Itinerary, sebuah rencana perjalanan. Misalnya mau wisata 5 hari. Nah di itinerary sudah terjadwal tujuan wisata hari ke-1 sampai ke-5. Tujuan lengkap mau kemana aja dari pergi sampai pulang. Trading juga sama.. Trading plan isinya rencana level beli, jual dan stop loss .

 

Stop Loss

 

Stop loss atau cut loss atau level proteksi artinya sama. Sama tujuannya yaitu untuk melindungi modal dari kerugian. Ini adalah suatu level toleransi dimana trader sanggup menerima kerugian. Kalau gerakan harga melewati level ini, dia gak sanggup lagi dan melepas posisinya. Cara menentukan level stop loss banyak macam, ada yang pakai persentase, pakai patokan rupiah, pakai low candle dll. Nah Level Stop loss masing2 trader berbeda. Jadi masing2 trader perlu mencari mana yang nyaman buat dirinya. 

Page 1 of 85

Free joomla templates by www.joomlashine.com