adsense

Uang Dingin

Investasi adalah 

  • 1.       tindakan atau proses menginvestasikan uang untuk keuntungan atau hasil materi.
  • 2.       tindakan mencurahkan waktu, upaya, atau energi untuk melakukan tertentu dengan harapan hasil yang bermanfaat.

 

Intinya invetasi adalah menyimpan sesuatu untuk mendapatkan keuntungan di waktu yang akan datang.

Karena kita berbicara tentang waktu yang akan datang maka menunggu adalah salah satu bagian dalam investasi. Sebab hasil investasi itu baru dirasakan di waktu yang akan datang.  Jeda waktu inilah yang menjadi bagian dalam investasi. Menunggu dan berteman dengan waktu adalah bagian dari investasi.

 

Setiap investasi pasti punya resiko. Mulai dari resiko nilai asset berkurang. Resiko nilai aset tidak berkembang sampai kepada resiko hilangnya asset.

1. Resiko nilai asset tidak berkembang, investor rugi waktu.

2. Resiko nilai asset berkurang, maka investor rugi waktu dan rugi sebagian uangnya.

3. Resiko hilangnya asset, investor rugi waktu dan semua asetnya.

 

Oleh karena itu prinsip no 1 dalam investasi adalah gunakan uang dingin. Uang dingin maksudnya adalah uang yang tidak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, uang bukan untuk kebutuhan sekolah anak, uang tabungan hari tua, uang tabungan sekolah anak, uang tabungan keluarga. Uang yang masih ada setelah semua kebutuhan tercukupi.

Jangan investasi dengan uang panas, maksudnya uang untuk kebutuhan makan, uang sekolah anak, uang tabungan hari tua, uang hasil pinjam, uang yang bakal kena bunga.

 

Kenapa jangan uang panas ?

karena investasi berhubungan dengan waktu. Bila di tengah waktu menunggu hasil investasi ternyata resiko yang harus kita hadapi adalah resiko nomor 2 atau 3 yaitu kehilangan sebagian atau seluruh asset.

Pastikan saat itu hidup masih dapat terus berjalan. Kebutuhan dasar masih dapat terpenuhi.

 

Setiap orang punya kadar kekuatan menganggung resiko yang berbeda-beda. Ada yang hanya bisa menanggung resiko no 1. Oleh karena itu pilihlah jenis investasi yang aman. Gak apa lama di waktu tapi aman dan tidak hilang uang. Kemungkinan hilang asset seluruhnya sangat kecil.

 

Yang kuat menanggung resiko no.2 mungkin bisa memilih investasi yang sedikit mengandung resiko hilang uang. Namun walau beberapa bagian uangnya hilang , investor ini tetap bisa tidur pulas dan hidup seperti biasa.

 

Yang kuat menanggung resiko nomor 3 , biasanya milih high risk high return. Resiko tinggi banget tapi return nya juga tinggi. Investor ini sadar bahwa kalau uang yang ia investasikan hilang, ia masih bisa tidur pulas, makan enak, kebutuhan lainnya terpenuhi dan hidup normal. Tidak ada yang berubah.

 

Nah jangan sampai salah pilih, harus tau dulu kekutan menanggung resikonya seperti apa. Jangan sampai karena salah investasi, lalu gak bisa makan, gak bisa tidur, bertengkar dengan pasangan, punya kewajiban kepada pihak lain, dan yang paling buruk, gak punya semangat hidup trus mikir pendek. Aduh jangan…

 

Ukur dulu resikonya , baru pilih investasinya dan pakai yang dingin ya…


Page 1 of 24

Free joomla templates by www.joomlashine.com