adsense

Trading like driving

Proses bisa nyetir mobil dimulai dengan belajar. Ada yang belajar otodidak, ada yang belajar di dampingi dengan instruktur di sebelahnya. Tugas instruktur memberi tahu fungsi alat di dalam mobil. Setelah itu membimbing dan mendampingi dalam latihan di jalan.

Dia ngasih tau kalau mau mulai bergerak maju, pedal mana yang harus diinjak dan mana yang harus dilepas. Step by step mulai dari yang mudah sampai yang sulit. Kalau mau stop apa yang harus diinjak duluan. Kemudian ngjarin gimana caranya parkir. Gimana ngadepin tanjakan dan belokan tajam.

Yang namanya nyetir mobil gak selamanya di damping instruktur. Akan ada waktunya dia harus berani maju  dan nyetir sendiri. Proses waktu dari belajar sampai berani nyetir sendiri beda-beda di tiap orang. Ada yang bisa langsung hyetir sendiri setelah 1 bulan belajar. Ada yang butuh 6 bulan. Ada pula yang akhirnya gak jadi nyetir sendiri setelah belajar.  Semuanya itu tergantung pribadi dan ‘nyali’ masing-masing.

Trading sama juga dengan proses nyetir. Semua pasti melewati tahap yang sama. Mulai dari tahap belajar sampai tahap mandiri. Mulai dari membaca rekomendasi public, belajar private, belajar pribadi sampai akhirnya ketemu gaya dan system trading sendiri.

Sama seperti nyetir mobil, gak selamanya intruktur harus ada di samping mendampingi dan ngasih tau ada yang harus dilakukan. ( Ya mahal kali bayar instrukutr selamanya… :D ) Akan datang waktunya yang belajar nyetir harus keluar feelingnya. Harus tau apa yang harus dilakukan dalam situasi tertentu . Harus ngambil keputusan sendiri.

Begitu pula dengan trader. Akan ada waktunya dia harus mandiri dan mengambil keputusan sendiri. Nah semuanya itu butuh proses. Proses butuh waktu. Trader satu dan yang lain beda dalam proses waktu. Ada yang membutuhkan waktu lebih sedikit, sedangkan yang lain  butuh waktu lebih banyak. It’s oke.

 

Nikmatin aja prosesnya. Cintai prosesnya. Tetap semangat dalam belajar dan menjalani semua proses. Kita pasti bisa.

Salam Semangat Selalu J

 

 

Add comment

Security code
Refresh

Free joomla templates by www.joomlashine.com