adsense

Start Trading dan Investasi Saham

Saham adalah bukti kepemilikan atas suatu perusahaan. Saat ini kita sering denger ajakan Yuk Nabung ada juga Yuk Trading Saham. Sebenernya apa bedanya ya ?

Nabung , kalo kita denger kata ini, maka imajinasi kita (saya) adalah celengan ayam. Artinya masukin duit ke dalam celengan dan gak diambil2 buat jangka waktu yang lama. Nah sama juga dengan Nabung saha. Kalau celengan ayam, maka yang dimasukin adalah koin rupiah. Kalau nabung saham maka yang dimasukin atau disimpan adalah saham.

Trading, dasar katanya dari trade. Trade artinya aksi jual beli sesuatu. Trading bahasa gampangnya dagang, jualan, bisnis. Kalau denger kata dagang, maka imajinasi saya adalah pasar, mal, pusat perdagangan sepeti ITC. Trading saham artinya dagang saham. Jualan saham. Aktivitas jual beli nya sering.

Nah baik nabung ataupun trading saham cara startnya sama. Langkah pertama nya sama. Mulainya sama.

Pertama kamu harus punya akun dulu di sekuritas.

Kita kan trading di Bursa Efek Indonesia (BEI). BEI itu semacam ITC nya/ mal nya, tempat kita dagang. Nah untuk bisa dagang di mal kita harus jadi tenant di situ. Untuk bisa trading / investasi di BEI, kita harus gabung dulu dengan anggota bursa (sekuritas). Banyak sekuritas yang bisa dipilih, contohnya Indo Premier (IPOT), UOB Kayhian (Utrade), Jasa Utama Capital (JUC), Sucor Sekuritas , Mirae dan masih banyak yang lainnya.

Cara gabungnya gampang, kamu tinggal isi data di form Open Account, sertakan foto copy identitas. Nanti sekuritas akan proses akun kamu dan buatkan rekening bank atas nama kamu sendiri untuk keperluan investasi dan trading saham. Jadi uang trading / investasi kamu gak disimpan di rekening sekuritas. Tapi disimpan di rekening bank atas nama kamu sendiri. Oke kan ?

Setelah rekening bank siap, akun sekuritas kamu siap. Nah kamu sudah bisa deh mulai beli dan jual saham.

 

Itu langkah pertama…

Setelah itu kamu mulai belajar mengamati saham-saham yang ada. Amati Namanya, kode sahamnya, harganya, juga istilah2 trading yang ada (ntar saya certain lagi di tulisan berikutnya).

Saran saya sebelum mulai beli jual, kamu pelajari dulu cara pakai online trading dari gadget kamuy a. Supaya ga bingung pas nanti mulai pencet buy dan sell.

Nah itu dulu yaa.. selamat trading dan investasi

 

 

Salam Semangat Selalu

Add comment

Security code
Refresh

Free joomla templates by www.joomlashine.com