Langkah selanjutnya, Trader atau Investor?

Langkah selanjutnya, Trader atau Investor ?

Setelah kamu membuka akun di sekuritas. Sekarang PR kamu selanjutnya adalah menimbang apakah profesi yang ingin kamu jalankan di bursa saham ? Kamu mau jadi trader atau investor ?

Kenapa penting ? karena ini akan mempengaruhi perilaku dan paradigma kamu.

Oke sekarang kita lihat dulu, apa itu trader dan investor.

Dasar karta trader adalah trade yang artinya perdagangan (trading). Trader adalah pelaku perdagangan, orang yang berdagang. Dagang adalah sebuah tindakan jual beli yang tujuannya buat dapat profit.

Dasar kata investor adalah invest yang artinya menyimpan. Investor adalah pelaku investasi. Orang yang melakukan investasi disebut investor. Investasi artinya menyimpan. Disimpan. Gak dijual beli kayak trading.

Nah kamu mau yang mana ?

Pertimbangannya begini …seberapa banyak waktu yang kamu miliki untuk menjalani profesi ini. Untuk trader kamu perlu menyediakan banyak waktu untuk memantau. Melihat pergerakan harga lebih sering. Kan kamu mau jual beli buat dapat profit. Jadi kamu harus tau donk harga sahamnya sekarang berapa, dan kapan mau beli dan jual. Kamu harus meluangkan waktu buat belajar , belajar analisa teknikal (beneran, serius!). Jangan ngiler sama cerita dan janji syurga kalau trading gampang.. heii kamu perlu usaha (IMHO).

Kalau investor, kamu beli dan simpan. PR kamu perlu memilih saham yang baik. Lalu investor harus panjang sabaaar serta gak galau-an. Karena investor harus tahan banting buat jangka waktu yang lamaaa.. (emang saham dibanting-banting ? ) Harga saham kan naik turun… nah pas turun itu yang suka mengundang galau…Investasi itu sahamnya buat masa depan… Buat tabungan..

Nah kamu harus mikirin, mau jadi yang mana ?

Boleh ga pilih keduanya ? Boleh. Tapi jangan jadiin di 1 akun sekuritas, nanti jadi rancu. Niat jadi trader tapi karena harga saham turun terus jadi ga bisa dijual ( bahasa kerennya ,nyangkut). Kamu berubah haluan jadi investor.

Yaudah gitu dulu ya…. Coba dipikirin dulu..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *